Bengkulu Wonderfull

© Photographer: Rahmad Himawan

Bengkulu utara adalah sebuah kabupaten di provinsi bengkulu, indonesia. Kabupaten yang terletak di kawasan pesisir pantai barat sumatra dengan ibukotanya arga makmur. Kota arga makmur berjarak sekitar 60 km dari kota bengkulu dapat di temput dengan waktu 2 jam atau lebih.

Bengkulu utara memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, selain dalam agrowisata bengkulu utara juga sangat memiliki banyak sekali pemandangan alam indah lainnya, seperti pantai dan air terjun yang sangat menarik untuk di kunjungi juga masih banyak sekali yang belum terpublik secara nasional atau intenasional, seperti hal nya beberapa ekosistem yang di lestarikan habitat alami nya seperti bunga Rafflesia dan gajah seblat, mungkin di karenakan akses menuju lokasi dan ketersediaan nya yang masih sangat sukar di temui karena hanya pada waktu tertentu saja kita dapat melihat atau mengabadikan momen indah nya, namun sudah sangat baik dalam pemeliharaan nya oleh pihak terkait seperti bksda dan para pecinta habitat itu sendiri, seperti kpplbu yang selalu memantau akan ketersediaan dan membagikan info tentang perkmbangan habitat bunga Rafflesia itu sendiri dengan bermacam jenisnya.

Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujan indonesia oleh seorang pemandu dari indonesia yang bekerja untuk dr. Joseph arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama thomas stamford raffles, pemimpin ekspedisi itu. Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti yang dikenali oleh meijer 1997), semua spesiesnya ditemukan di asia tenggara, di semenanjung malaya, kalimantan, sumatra, dan filipina. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus tetrastigma (famili vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pada beberapa spesies, seperti rafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga 10 kg. Bahkan spesies terkecil, rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut "bunga bangkai" atau "bunga daging". Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. Namun, tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya. Rafflesia adalah bunga resmi negara indonesia, begitu pula provinsi surat thani, thailand.

Nama "bunga bangkai" yang dipakai untuk rafflesia membingungkan karena nama umum ini juga digunakan untuk menyebut amorphophallus titanum (suweg raksasa/batang krebuit) dari famili araceae. Terlebih lagi, karena amorphophallus mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia, ia kadang-kadang secara salah kaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Baik rafflesia maupun amorphophallus adalah tumbuhan bunga, tetapi hubungan kekerabatan mereka jauh. Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga, setidaknya bila orang menilai dari beratnya. Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar, sementara palem talipot (corypha umbraculifera) memiliki perbungaan bercabang terbesar, terdiri atas ribuan bunga; tumbuhan ini monokarpik, yang artinya tiap individu mati setelah berbunga, seperti di sumber di wikipedia di jelaskan dengan lebih rinci, dan di bawah ini saya membagikan foto saya yang sudah saya masukan dalam microstock dreamstime jika kalian ingin mengunduhnya secara lisensi ekslusif.

Flower Refflesia
© Photographer: Rahmad Himawan | Agency: Dreamstime.com

selain Habitat Bunga Rafflesia, Bengkulu memang terkenal dengan bermacam dengan Habitat Flora dan Fauna yang sangat di lindungi, seperti di Kepahiang yang memiliki tempat Rusa yang berada di Lingkup Pemda Kabupaten kepahiang, rusa yang memiliki tanduk dengan beberapa pasang ini di tempatkan dengan sangat baik dan layak, kalian bisa mengunjunginya disini. 

Deer summer time relax in green carpet
© Photographer: Rahmad Himawan | Agency: Dreamstime.com

selain itu beberapa kabupaten lain seperti Bengkulu Tengah juga Bengkulu Selatan memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah juga cantik dan membuat fikiran kita lebih tenang bersama alam. jika bengkulu utara memiliki Persawahan yang sangat luas tidak kalah dengan indah nya perkebunan teh yang berada di Kepahiang, Pemandangan Perkebunan teh yang sangat luas ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun dari luar kota lainnya, tempat yang dingin ini bisa kalian lewati dengan Jarak Tempuh dari Kota Bengkulu menuju lokasi yaitu 72 kilo meter, 62 kilo meter perjalanan dari Kota Bengkulu ke kota kepahiang dan disambung 10 kilo meter dari kota kepahiang ke lokasi yang memerlukan waktu 2 jam perjalanan, Kebun Teh Kabawetan adalah objek agrowisata perkebunan teh peninggalan Belanda yang terletak di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Objek agrowisata kabawetan memiliki luas 360.000 hektar. Di perkebunan teh kabawetan pengunjung dapat melihat para pemetik bekerja pada Pagi hari, dapat melihat proses pembuatan teh, dan dapat meminum teh yang telah disediakan oleh pengelola. Kebun teh kabawetan juga mempunyai pabrik teh yang hasil produksi nya sudah menembus pasar. Wisata agrowisata ini bisa menjadi media pembelajaran bagi anak-anak tentang pengolahan teh, dan dalam bntuk visual yang dapat saya bagikan adalah seperti di bawah ini.

© Photographer: Rahmad Himawan

sedikit tentang Bengkulu yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, untuk posting selanjutnya saya akan membagikan secara detail setiap tempat daerah yang saya kunjungi, terimakasih telah mencoba menggenal Bengkulu dengan membaca postingan Blog ini...
Wassalamuallaikum.wr.wb

0 Response to "Bengkulu Wonderfull"